Camat Pimpin Langsung Musyawarah Dana Kelurahan Ranai Darat

Warta Kota Srindit, Setelah berulang alik mengantarkan usulan kegiatan pembangunan melalui dana kelurahan yang bersumber dari DAU tambahan dan APBD Kabupaten Natuna, dan ditolak oleh Camat sebagai Pengguna Anggaran, akhirnya Camat Bunguran Timur memimpin langsung musyawarah tingkat Kelurahan Ranai Darat, Senin (29/04/2019), di Gedung Pertemuan Kelurahan Ranai Darat. Musyawarah yang dihadiri oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan, Perangkat Kelurahan dan Pejabat Kelurahan minus Lurah yang saat ini sedang menjalani masa cuti itu, didahului dengan briefing atau rapat stap, diruang pertemuan Kelurahan Ranai Darat. Dalam arahannya Camat meminta kepada seluruh jajarannya yang ada di Kelurahan, khususnya Kelurahan Ranai Darat, agar tanggap dan bekerja cerdas dalam mengelola Dana Kelurahan ini.

Camat berikan briefing kepada staf Kelurahan Ranai Darat

“Semua kita harus serius dan tanggap serta teliti dan cermat dalam mempelajari semua ketentuan perundang-undangan yang berlaku, dalam pengelolaan Dana Kelurahan ini,” tegas Wan Suhardi kepada pegawai Kelurahan Ranai Darat.

Sementara dalam musyawarah dengan LPMK Kelurahan dan masyarakat Kelurahan Ranai Darat,  dalam hal penentuan usulan yang akan disampaikan kepada Camat, Wan Suhardi menjelaskan, bahwa Dana Kelurahan atau yang lebih tepat disebut dengan DAU Tambahan untuk pembangunan sarana dan prasarana kelurahan tersebut, diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri no. 130 tahun 2018 dan Peraturan Menteri Keuangan no. 187 tahun 2018. Dalam Permendagri no. 130 itu ditegaskan bahwa penentuan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana Kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan, dilakukan melalui musyawarah pembangunan Kelurahan.

Musyawarah Dana Kelurahan Ranai Darat

“Kegiatan yang diusulkan harus sudah tercantum dalam usulan pembangunan Kelurahan tahun sebelumnya dan disepakati oleh masyarakat dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan, yang ditandai oleh sebuah berita acara, dan diserahkan kepada Camat, untuk disusun RKA nya,” jelas Camat. “Sementara Lurah sebagai Kuasa Pengguna Anggaran atau sebagai pelaksana dilapangan, harus menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan kepada Bupati melalui Camat. Untuk itu, kami akan berusaha bekerja secara cermat dan hati-hati, hingga pelaksanaan kegiatan melalui Dana Kelurahan ini dapat berlangsung dengan baik, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” pungkas Wan Suhardi, dalam sambutan penutupnya. (Elki, Warta Kota Srindit, 29/04/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *