Embung Tinggung Tengah Dinantikan

Warta Kota Srindit, Rencana pemerintah membangun Embung atau waduk penampungan air di Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur, melalui Satker Balai Wilayah Sungai Sumatra IV, Direktorat Jendral Sumber Daya Air, Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, tampaknya akan segera terealisasi. Hal itu mengemuka dalam Pertemuan Konsultasi Masyarakat 1, Rencana (DD) Embung Kelanga, Curing dan Tinggung, di Kantor BP3D Kabupaten Natuna, Juma’t,  (26/04/2019). Pertemuan Konsultasi Masyarakat yang dipimpin lansung oleh Ketua Satker Balai Wilayah Sungai Sumatra IV Surif Harjo dan didampingi oleh Sekretaris BP3D Kabupaten Natuna H. Marwan, serta dihadiri oleh para Camat, Kepala Desa dan tokoh masyarakat dari 3 Kecamatan yang menjadi lokus pembangunan.

Rapat Pembangunan Embung Tinggung Tengah di BP3D Kabupaten Natuna

Dalam pertemuan itu, Surif Harjo mengharapkan dukungan penuh dari stake holder yang ada, hingga rencana pembangunan Embung tersebut segera terealisasi.

“Kita memerlukan dukungan semua pihak, hingga rencana pemerintah untuk membangun 3 Embung ini segera terealisasi,” ungkap Kasatker BWS itu.

Sementara dibagian lain, Camat Bunguran Timur H. Wan Suhardi menegaskan bahwa kehadiran Embung tersebut sudah lama dinantikan masyarakat, khususnya masyarakat diwilayahnya.

“Berita rencana pembangunan Embung di daerah kami ini, sudah lama kami dengar, dan masyarakat sudah menanti nanti kehadirannya. Bak menunggu kehadiran bidadari turun dari langit,” kata Camat yang  memang suka bercanda itu, .

Embung yang akan dibangun di Sungai Air Tinggung Kampung Teledu Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur itu, menurut rencana akan memiliki volume tampungan efektif 22.057.95 m³ dan volume tampungan total sebesar 29.697.27 m³. Data ini diperoleh dari hasil survei yang dilakukan oleh PT. Indra Karya yang dilakukan pada tahun 2017 lalu. Menurut data yang sama, Embung tersebut diperkirakan akan dapat memenuhi keperluan air baku bagi seluruh Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Bunguran Timur, dengan jumlah penduduk yang terlayani mencapai angka 18.240 jiwa.

Data data tersebut diatas, tentu menjadi tumpuan harapan akan kebutuhan air baku bagi masyarakat di Kecamatan Bunguran Timur umumnya dan Desa Sepempang khususnya. Maka tidak heran bila kehadiran Embung Tinggung tengah dinantikan kehadirannya. (Elki, Warta Kota Srindit, 26/04/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *