Rumah Baca Desa Sepempang Ok Juga

Warta Kota Srindit, Bila hendak disandingkan dengan Rumah Baca Anisa Murof yang ada di Desa Sedarat Baru, Kecamatan Bunguran Batubi, mungkin tidak akan sebanding. Tetapi setidaknya Rumah Baca atau Perpustakaan mungil yang ada di Kantor Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur, cukup memberikan peluang bagi masyarakatnya khususnya anak-anak untuk menambah wawasan dengan membaca buku.

Menurut Pjs. Kades Sepempang, Hadri ketika ditemui Pewarta Kota Srindit di Kantor Kecamatan Bunguran Timur mengatakan, untuk menggerakkan Perpustakaan yang ada, pihaknya mengadakan kerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di daerahnya agar memanfaatkan Perpustakaan yang ada sebagai pusat literasi di Desanya.

“Kita berusaha bagaimana Rumah Baca ini ada, dan pembacanya pun harus ada. Jadi kita kirim surat ke sekolah-sekolah, mulai dari TPQ sampai SD yang ad di Desa ini, minta kerjasama mereka agar mewajibkan anak-anak didik mereka datang membaca di sini. Dan alhamdullillah, hasilnya cukup memuaskan,” kata Hadri.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mewajibkan kepada ibu-ibu PKK Desa membaca selama 30 menit, sebelum pertemuan rutin PKK di kantornya dimulai.

Upaya ini mendapat respon positif dari Tim verifikasi KLA Kabupaten Natuna. Menurut Ketua Tim KLA dari Bapenas itu Yosi Trisna, langkah yang dilakukan oleh Desa Sepempang ini, dapat mendongkrak nilai KLA bagi Kabupaten Natuna. Hal tersebut disampaikannya ketika meninjau langsung Perpustakaan Desa Sepempang.

Aktifitas di rumah baca Desa Sepempang

“Ini sebuah kegiatan inovasi yang memiliki nilai yang cukup baik. Karena Desa Sepempang yang ada di Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna ini, telah memberi ruang yang cukup bagi anak-anaknya untuk mendapatkan ilmu pengetahuan melalui membaca. Selain itu di sini juga ada sarana WiFi gratis yang dapat diakses oleh anak-anak, dan ada petugas pengawasnya. Hingga anak-anak tidak lepas begitu saja dalam menggunakan internat. Ini bagus sekali,” ucap Yosi bangga.

“Mudah-mudahan Desa dan Kelurahan lainnya termotivasi untuk melakukan hal yang sama,” sambung Yosi. (Elki, Warta Kota Srindit, 02/05/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *