Tim Kabupaten Verifikasi Hasil Evaluasi Kecamatan Terhadap Kelurahan & Desa Terbaik

Warta Kota Srindit; Setelah terpilih sebagai Kelurahan dan Desa terbaik tingkat Kecamatan Bunguran Timur, melalui evaluasi tim penilai tingkat kecamatan yang dilaksanakan bulan Februari lalu, kini Kelurahan Bandarsyah dan Desa Sepempang kembali akan diverifikasi oleh Tim Penilai Tingkat Kabupaten. Kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis (23/05/2019) itu, dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penilai tingkat Kabupaten Natuna, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Natuna, Muhammad Faisal, dan didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Natuna, Ny. Nurhayati Hamid Rizal.

Kegiatan verifikasi dan evaluasi tersebut diawali dari Kelurahan Bandarsyah, dengan mendengarkan pemaparan Lurah Bandarsyah, Suhardi, SE, yang menyampaikan tentang profil dan perkembangan pelayanan Kelurahan Bandarsyah, dan disimak secara seksama oleh seluruh masyarakat dan Anggota Tim Penilai. Dalam pemaparannya Suhardi menyebutkan bahwa penduduk Kelurahan Bandarsyah masih didominasi oleh penduduk yang belum atau tidak bersekolah yaitu sebanyak 1861 jiwa dari 5069 jiwa jumlah penduduk yang ada. Sementara untuk kondisi kerukunan umat beragama, menurut Suhardi, masyarakat Kelurahan Bandarsyah sangat rukun dan toleransinya cukup tinggi.

“Di Bandarsyah ada Surau dan Kelenteng yang letaknya berdampingan, yaitu di Kampung Penagi. Dan itu sudah berlangsung sejak lama”, tutur Suhardi.

Ketua Tim Evaluasi Kabupaten Natuna, Muhammad Faisal & di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK, dan Kabid Pembangunan Desa PMD

Sementara itu, dalam tanggapannya salah satu dari Tim Penilai Kabupaten Natuna, Muhammad Fadli Azzuhri, Kabid Pembangunan Desa Dinas PMD Kabupaten Natuna, menyebutkan bahwa Kelurahan Bandarsyah sudah banyak mendapatkan prestasi, baik ditingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi.

“Kita berharap data yang sudah ditampilkan dan dilaporkan dapat dijadikan produk nyata yang kemudian dapat berfaat bagi masyarakat luas”, ujar Fadli.

Sedangkan menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Natuna, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang sudah dipahami oleh semua Kelurahan dan desa.

“Inikan kegiatan tahunan, Pak Kades dan Pak Lurah pasti sudah tahu apa yang harus disiapkan dan apa pula yang harus dilakukan. Kami hanya mencocokan data yang ada dengan bukti fisik di lapangan”, ujar Nurhayati yang lebih akrab disapa Ibu Etik itu.

Sementara Camat Bunguran Timur Wan Suhardi menjelaskan, bahwa pihaknya telah memberikan penilaian secara objektif, sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disiapkan pemerintah.

“Kita hanya menjawab questioner yang tersedia pada instrumen. bila ada, maka nilainya 4, sedangkan bila yang ditanya ternyata tidak ada di Desa atau Kelurahan tersebut, maka nilainya 2 atau bahkan hanya 1,” terang Wan Suhardi.

“Dan kami pihak Kecamatan tengah menggalakkan Desa dan Kelurahan agar membangun Website sendiri, hingga semua informasi yang ada di Desa dan Kelurahan akan tersaji di Website,” sambung Camat, mantan Kabid PIKP Diskominfo Kabupaten Natuna itu.

Kegiatan verifikasi untuk Kelurahan Bandarsyah dan Desa Sepempang ini akan berlangsung satu hari penuh, dan hasilnya akan segera diumumkan. (Wan’s, Warta Kota Srindit, 23/05/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *