Warga Siman Santuni Anak Yatim

Warta Kota Srindit; Upaya yang dilakukan oleh Pengurus Surau Al-Hidayah Kampung Siman Kelurahan Ranai Kecamatan Bunguran Timur, untuk mengajak jamaahnya menyisihkan sedikit rezkinya guna menyantuni Anak Yatim, ternyata tidak sia-sia. Keinginan untuk membahagiakan Anak Yatim di lingkungannya ternyata tidak hanya bertepuk sebelah tangan. Ada 53 orang pendonor warga Kampung Siman yang tercatat pada buku Panitia Surau dan siap dibagikan kepada 16 orang Anak Yatim dari kampung tersebut.

“Kegiatan ini sudah berlangsung lama Pak Camat”, ujar Ketua Pengurus Surau Al-Hidayah, H. Ibnuhajar, dalam sambutannya pada acara penyerahan santunan ke pada Anak Yatim, Kamis (30/05/2019) di Surau Al-Hidayah Kampung Siman.

“Kita hanya mengajak masyarakat untuk berbagi kepada anak-anak kita yang Yatim. Lalu bagi masyarakat yang siap menjadi pendonor, maka mereka harus menyiapkan amplop uang sejumlah Anak Yatim yang ada. Misalnya sekarang ada 16 Anak Yatim di kampung ini, maka para pendonor harus menyiapkan 16 amplop berisi uang. Sedangkan mengenai jumlah uangnya dalam amplop terserah mereka sesuai dengan kemampuan dan keikhlasan hati masing-masing”, sambung H. Ibnu menjelaskan.

Camat di Dampingi Ketua Pengurus Surau Al-Hidaya, sedang memberikan sambutannya pada acara penyerahan santunan Anak Yatim di Surau Al-Hidayah, Kampung Siman

Camat Bunguran Timur yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan penghargaan serta terimakasihnya kepada Pengurus Surau Al-Hidayah serta warga masyarakat Kampung Siman karena telah mau berbagi dibulan yang suci dan penuh kemuliaan ini.

“Tidak ada yang berat untuk dulakukan oleh seseorang bila dilandasi oleh Iman kepada Allah SWT. Namun terkadang keinginan untuk berbuat baik di jalan Allah ini, tidak serta merta ada dalam hati setiap manusia. Ia memerlukan penggerak atau motivator. Nah, sekarang motivatornya para Pembina dan Pengurus Surau Al-Hidayah ini”, kata Wan Suhardi, dalam sambutannya.

“Percayalah, baik pendonor maupun motivatornya, pasti akan mendapatkan imbalan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT”, terang Camat meyakinkan masyarakatnya.

Ustadz Natourachman sedang menyampaikan tausiahnya

Sementara itu Ustadz Ngatourachman, dalam ceramah singkatannya pada acara tersebut mengingatkan jamaah pada sebuah peringatan Allah SWT, yang dilukiskan dalam Surah Al-Ma’un pada ayat 1 dan 2, dimana Allah katakan “Tahukah kamu orang-orang yang mendustakan agama Allah, yaitu orang-orang yang menghardik Anak Yatim”.

“Dalam sebuah Hadist, Rasullullah SAW mengatakan bahwa, barang siapa yang memuliakan anak-anak Yatim, maka dia akan bersamaku disurganya Allah”, jelas Imam Masjid Agung Natuna itu.

“Jadi berbahagilah bagi orang-orang yang sudah dapat memuliakan Anak Yatim”, pungkas Ustadz Ngato.

Kegiatan pemberian santunan kepada Anak Yatim di Surau Al-Hidayah Kampung Siman itu ditutup dengan acara berbuka puasa bersama dan dilanjutkan dengan shalat fardu Magrib berjamaah. (Wan’s, Warta Kota Srindit, 31/05/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *