Dua Desa di Bunguran Timur Mendapatkan PISEW

Warta Kota Srindit; Dalam  Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia No 73/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Lokasi Serta Besaran Kegiatan Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah (PISEW) tahun anggaran 2019, tanggal 21 Januari 2019, tercatat ada dua Desa di Kecamatan Bunguran Timur yang mendapatkan program PISEW tersebut. Dua Desa itu adalah Desa Sungai Ulu dan Desa Batu Gajah. Sementara untuk Kabupaten Natuna, terdapat 3 Kecamatan mendapatkan bantuan yang sama yaitu, Kecamatan Bunguran Timur, Kecamatan Bunguran Selatan dan Kecamatan Bunguran Utara. Masing-masing Kecamatan ditetapkan 2 Desa yang mendapatkan bantuan serupa.

Camat Bunguran Timur memimpin Do’a, dimulainya kegiatan PISEW di Kampung Air Pahat Desa Batu Gajah

Menurut Camat Bunguran Timur, H. Wan Suhardi, SE, penetapan 2 Desa tersebut, yaitu Desa Sungai Ulu dan Desa Batu Gajah bukan dipilih oleh Kecamatan, tetapi melainkan langsung ditetapkan dari Kementerian.

“Ya kita tidak ikut campur masalah itu. Jangankan ikut campur, proses pengajuannya pun kita tidak pernah tahu. Kita hanya diberitahu bahwa , dua Desa itu akan mendapatkan bantuan PISEW. Tentu kita harus bersyukur karenanya”, jawab Wan Suhardi ketika ditanyai tentang, mengapa hanya dua desa tersebut yang mendapatkan Program Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu.

“Mungkin ada indikator tertentu yang dimiliki oleh Kementerian, hingga Desa Sungai Ulu dan Desa Batu Gajah mendapatkan Program PISEW”, sambung Wan Suhardi.

Sementara itu dalam penjelasan Keputusan Menteri PUPR tersebut djelaskan bahwa lokasi kegiatan PISEW tahun anggaran 2019, yaitu kecamatan yang ditetapkan berdasarkan kriteria, antara lain :

  1. Memiliki potensi yang dapat dikembangkan sebagai kawasan pusat pertumbuhan
  2. Merupakan kebijakan Pemerintah yang dapat mempercepat pengembangan ekonomi kawasan dan /atau menciptakan lapangan kerja.serta
  3. Sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten.

Selanjutnya disebutkan pula bahwa setia kecamatan dialokasikan bantuan dana sebesar 600 juta rupiah, untuk pembangunan infrastruktur kawasan. Anggaran sebesar itu diperuntukan untuk biaya administrasi dan operasioal kegiatan Badan Kerjasama Antar Daerah (BKAD) dan nilai pembangunan fisik atau konstruksi.

Disebutkan biaya administrasi dan operasional BKAD, karena memang pelaksanaan kegiatan Program PISEW tersebut, berdasarkan SK Menteri PUPR itu, dipercayakan kepada BKAD sebagai pelaksana di lapangan.

Camat memantau kegiatan PISEW di Kampung Air Ikal, Desa SUngai Ulu

Selanjutnya ketika ditanya tentang progres Program PISEW di Bunguran Timur, Camat mengatakan bahwa kegiatan disik dilapangan, sudah dimulai sejak 25 Mei 2019 lalu, dan dikerjakan dengan sistem padat karya oleh BKAD Bunguran Timur, dan semua pekerjanya adalah masayarakat dari dua desa tersebut, yaitu, Masyarakat Desa Sungai Ulu dan masyarakat Desa Batu Gajah. (Wan’s, Warta Kota Srindit, 03/06/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *