Kepala Desa Sepempang di Lantik

Warta Kota Srindit; Kepala Desa Sepempang yang terpilih melalui jalur pemilihan Antar Waktu, Muhammad Delan, kemarin Kamis (27/06/2019) dilantik oleh Camat Bunguran Timur. Kegiatan Pelantikan yang berlangsung di Ruang Serbaguna BPD Desa Sepempang itu, dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Natuna, yang diwakili oleh Kabid Pemberdayaan Masyarakat M. Fadli Azuri, Anggota FORKOPIMCAM Bunguran Timur, Seluruh Lurah dan Kelapa Desa, Pengurus dan Anggota BPD Desa Sepempang, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda se Desa Sepempang.

Berdasarkan Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna No. 140/DPMD-BPD/132/VI/2019 tanggal 25 Juni 2019, tentang Pelantikan Kepala Desa Sepempang Hasil Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu guna menindak lanjuti Surat Keputusan Bupati Natuna no 247 tahun 2019, tertanggal 28 Mei 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Sepempang hasil Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu atas Nama Muhammad Delan, memerintahkan kepada Camat Bunguran Timur untuk segera Melantik dan Mengambil Sumpah Kepala Desa terpilih paling lambat tanggal 28 Juni 2019, maka ditetapkan Pelantikan Kepala Desa Sepempang tersebut pada tanggal 27 Juni 2019 oleh Camat Bunguran Timur.

Camat Bunguran Timur H. Wan Suhardi ketika ditemui Pewarta Kota Srindit di lobi Desa Sepempang sebelum acara pelantikan dimulai, menyatakan bahwa pihaknya harus sesegera mungkin melaksanakan perintah tersebut mengingat berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri no 65 tahun 2017  tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri no 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa pasal 47 D huruf d menyebutkan, Pelantikan Kepala Desa Oleh Bupati/Walikota paling lama 30 hari sejak diterbitkannya Keputusan Pengesahan Pengangkatan calon Kepala Desa terpilih.

“Kami harus segera melaksanakan Instruksi Bupati melalui Sekretaris Daerah itu, karena SK Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Sepempang itu sudah terbit sejak 28 Mei 2019. Sementara ketentuannya harus dilakukan paling lambat 30 hari setelah terbitnya SK Penetapan”, ujar Wan Suhardi.

Acara pelantikan yang berlangsung hidmat dan disiarkan secara langsung oleh Kelompok Informasi Masyarakat Sahabat Senua Desa Sepempang melalui Face-book Live-Streaming itu, ditandai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjtukan dan Pembacaan Doa, dan selanjtunya acara utama, yaitu pelantikan Kepala Desa Terpilih.

Dalam Sambutannya Camat mengingatkan Kepala Desa terpilih, bahwa fenomena pelayanan masyarakat saat ini, tidak berhenti pada pekerjaan rutinitas semata, tetapi melainkan setiap pimpinan harus mampu melakukan berbagai inovasi pelayanan, namun tetap sesuai dengan koridor peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Masyarakat ingin dimanjakan oleh pelayanan yang kita berikan. Untuk itu gunakan teknologi informasi untuk memberikan kemudahan pelayanan itu kepada masyarakat. Saat ini Desa Sepempang sudah membangun Web-Site Desa, dengan konten informasi yang cukup baik. Tinggal lagi menambah konten-konten lain yang berkaitan dengan dokumen pelayanan masyarakat. Untuk itu teruskan upaya perubahan yang telah dilakukan oleh Kades Sebelumnya”, pinta Camat.

“Untuk menjadi seorang Kepala Desa Pak Muhammad Delan memang sudah punya pengalaman, karena sebelumnya sudah pernah menjadi Kepala Desa satu priode di desa ini, tetapi perkembangan tuntutan pelayanan masyarakat, tentu masih harus memerlukan penyesuaian”, tambah Wan Suhardi.

Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Desa terpilih melalui makanisme antar waktu itu, diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh seluruh undangan yang hadir dan poto bersama serta menkmati hidangan makan bersama. (Wan’s, Warta Kota Srindit, 28/06/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *