Pelepasan Jemaah Haji Kecamatan Bunguran Timur

Warta Kota Srindit; Jamaah Haji Kabupaten Natuna tak lama lagi akan di berangkatkan ke tanah suci. Menurut jadwal yang telah dikeluarkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Natuna, Jamaah Calon Haji Kabupaten Natuna akan diterbangkan ke Embarkasi Batam 5 Juli 2019 ini dan selanjtunya akan diberangkatkan ke Bandara Amir Mahmud, Madinah Al-Munawarah keesokan harinya 6 Juli 2019, dengan menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines.

Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Natuna ini akan terkabung dalam Kloter I Gelombang I Embarkasi Batam. Dari 115 orang Jamaah Calon Haji Natuna, 76 orang jamaah dianatarnya berasal dari Kecamatan Bunguran Timur, akan tergabung dengan Jamaah Calon Haji dari Kota Batam, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Anambas.

Guna memberikan rasa gembiradan membahagiakan Calon Haji, Camat Bunguran Timur menyelenggarakan acara pelepasan Jamaah Haji Kecamatan Bunguran Timur yang di laksanakan di Kantor Camat Bunguran Timur pada Jum’at (28/06). Pada acara tersebut Camat Bunguran Timur, H. Wan Suhardi, SE memberikan pesan-pesan dan ucapan selamat menunaikan ibadah haji kepada Jamaah Haji yang hadir.

“Acara ini dibuat bukan bermaksud untuk menambah rasa lelah jamaah yang selama ini sudahbanyak melakukan kegiatan manasik haji. Kegiatan ini semata-mata hanya untuk mengiringi keberangkatan jamaah dengan perbuatan dan doa, semoga nantinya dalam  pelaksanaan ibadah, Jamaah semuanya akan diberikan kemudahan demi kemudahan, dan semoga semuanya sehat, tanpa gangguan danhambatan, hingga seluruh rangkaianan kegiatan ibadah haji dari awal sampai akhir dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.  Selamat pergi dan selamat kembali, dan mudah-mudahan mendapatkan predikat haji yang Mabrur”, doa Camat, yang juga seorang tokoh agama Bunguran Timur tersebut.

Selanjutnya Wan Suhardi juga berpesan agar jamaah menjaga kesehatan dengan banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan, serta memauthi segala ketentuan yang telah diatur dalam pelaksanaan ibadah haji. Camat juga meminta Calon Jamaah Hajinya agar mengurangi kegiatan diluar ruangan, hingga tidak terpapar oleh teriknya panas matahari di tanah suci, yang dapat mencapai angka 52  ̊ – 58  ̊, dengan kelembaban udara hanya 6% – 9 % saja. Himbauan ini menurut Camat harus dipatuhi oleh seluruh JCH, guna menghindari serangan Heat-Stroke atau tekanan panas tinggi.

Marzuki salah satu Jamaah Calon Haji mewakili Jamaah menyampaikan terimakasihnya pihak Kecamatan dengan diadakan acara pelepasan ini, dan memohon maaf apabila selama bergaul terdapat kesilapan serta mohon doa restu untuk diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah haji.

Acara selanjutnya diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh H. Nasoha . Dalam ceramahnya Nasoha menyapaikan bahwa dalam hidup kita selaku umat muslim terdapat 3 panggilan : panggilan Adzan, panggilan Haji dan panggilan Kematian, maka sebelum panggilan kematian tiba, marilah kita berlomba lomba memenuhi panggilan adzan dan panggilan haji. Nasoha juga berpesan “Mari kita selalu menjaga Shalat, selalu sabar serta menghindari syirik, karena apabila Syirik sudah merasuki hati, maka sia-sialah ibadah kita” ucap Nasoha sambil menutup ceramahnya.

Acara ditutup dengan bersalam-salaman dan memberikan ucapan selamat jalan kepada seluruh Jamaah Calon Haji dengan diiringi lantunan shalawat Nabi. (Elki, Warta Kota Srindit, 28/06/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *