Biro Pemerintahan Provinsi Kepri Sambangi Kecamatan Bunguran Timur

Warta Kota Srindit; Setelah melakukan berbagai kegiatan monitoring di Ibu Kota Kabupaten, akhirnya Tim Monitoring dari Biro Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau, bertandang ke Kantor Kecamatan Bunguran Timur. Tim Monitoring yang terdiri dari 4 orang itu, dipimpin oleh Kepala Bagian Biro Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau, Alfian. Tim tiba di Kantor Kecamatan Bunguran Timur sekitar pukul 13.30 wib Kamis, (18/07/2019), dan diterima langsung oleh Camat Bunguran Timur H. Wan Suhardi.

Dalam bincang-bincangnya dengan Camat Bunguran Timur, Alfian menjelaskan bahwa kehadiran pihaknya di Kabupaten Natuna, dalam rangka memantau berbagai kegiatan pemerintahan di Kabupaten Natuna, termasuk di Kecamatan Bunguran Timur.

“Sebenarnya, kami datang bersama bapak Kepala Biro. Tatapi hari ini beliau harus pulang ke Tanjungpinang, karena ada kegiatan yang harus diselesaikan”, terang Alfian.

“Kami ada rencana untuk menyelenggarakan kegiatan Rakor Camat se Provinsi Kepulauan Riau, tetapi karena keterbatasan anggaran, maka kami hanya dapat melakukan kegiatan monitoring saja. Mudah-mudahan kedepan, kita dapat melaksanakan kegiatan rakor itu”, Sambung Kabag Pemerintahan yang juga pernah menjabat sebagai camat di beberapa kecamatan yang ada di Kepulauan Riau ini.

Selanjutnya Tim mempertanyakan tentang kondisi dan pelaksanaan beberapa kegiatan pemerintahan serta pelayan di Kecamatan Bunguran Timur. Karena menurutnya hal tersebut perlu dipantau secara berkala, guna meningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat di masa-masa yang akan datang.

Menjawab pertanyaan tersebut, Camat Bunguran Timur menjelaskan bahwa semua informasi yang diperlukan oleh Tim, sudah tersaji di web-site milik kecamatan. Jadi semua pihak dapat mengakses informasi tersebut dengan mudah, hanya dengan berselancar di web-site milik kecamatan dengan alamat www.kecbungtim.natunakab.go.id.

“Kita sudah menyiapkan informasi itu secara terbuka melalui web-site. Semua pelaksanaan kegiatan pemerintahan beserta laporannya, kemudian informasi tentang pelayanan, melalui kegiatan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten), juga tersaji di sana. Tujuan kita hanya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, kepada semua orang, sekaligus melaksanakan amanat Undang-Undang no 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik”, jelas Camat santai dan penuh keakraban.

Selanjutnya Wan Suhardi menambahkan bahwa informasi yang tersaji di laman web-site kecamatan itu, tidak hanya berupa berita dan artikel yang di-Update setiap saat sesuai dengan kegiatan kecamatan, tetapi melainkan juga menyajikan berbagai informasi kegiatan pemerintahan kecamatan, antara lain, Penyelenggaraan Paten, SOP setiap pelaksanaan kegiatan di kecamatan, Pelaporan, SK Camat, dan termasuk usulan masyarakat melalui kegiatan Musrenbang yang sudah disyahkan, juga tersaji di laman web-site. Hanya informasi yang menyangkut masalah keuangan yang tidak tersedia, karena memang informasi tersebut masih merupakan informasi yang dikecualikan oleh pemerintah Kapubaten Natuna.

Setelah mendapatkan penjelasan dari camat, akhirnya Tim melakukan peninjauan langsung pada pelaksananan kegiatan Pelayanan Adminstrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Bunguran Timur, dan sesi photo bersama. (Wan’s, Warta Kota Srindit, 19/07/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *