Kantor SAR Adakan Sosialisasi di Kecamatan Bunguran Timur

Warta Kota Srindit; Kantor Pencarian dan Pertolongan (Search and Rescue) Kabupaten Natuna, mengadakan kegiatan sosialisasi tentang Pencarian dan Pertolongan untuk masyarakat Bunguran Timur, selasa (30/07/2019). Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 2 jam di Ruang Rapat Kantor Kecamatan itu, diikuti oleh 3 orang utusan untuk masing-masing desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Bunguran Timur.

Kepala Kantor SAR Kabupaten Natuna, Mexianus Bakabel menjelaskan bahwa kegiatan terselenggara secara spontan, setelah pihaknya memberikan pertolongan kepada sebuah pompong warga Pering yang hampir tenggelam, karena mengalami kebocoran. Ketika pihaknya bertanya kepada korban, mengapa tidak segera meminta bantuan kepada SAR, korban menjawab tidak mengetahui cara menghubungi SAR. Atas dasar itulah, pihaknya merasa perlu mensosialisasikan tentang keberadaan SAR kepada masyarakat luas.

“Iya, saya tanya mengapa tidak segera minta bantuan SAR, mereka bilang tidak tahu cara mengubungi SAR. Wah, ini tidak bisa terjadi terus-menerus. Saya langsung berkoordinasi dengan Pak Camat Bunguran Timur, agar dapat memfasilitasi kami untuk kegiatan sosialisasi ini. Pak Camat menyambut dengan baik, dan beliau bersedia mengundang serta menyiapkan tempatnya. Tentu kami bersyukurlah. Makanya hari ini saya menurunkan full-team pada acara hari ini”, ungkap Max bersemangat.

Camat Bunguran Timur H. Wan Suhardi, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak SAR Natuna, yang telah mau berbagi pengetahuan tentang SAR kepada masyarakatnya. Dia berharap, kedapan akan ada kegiatan yang lebih, berupa pelatihan misalnya, untuk mesyarakat Bunguran Timur.

“Kami harus menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kakan SAR Natuna, yang berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini. Karena menurut kami mengetahuan tentang pencarian dan pertolongan ini sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat. Saya meminta kepada semua peserta, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama, dan berjanji kepada diri sendiri, bahwa kita akan siap melakukan pencarian dan pertolongan kepada siapapun, apabila ada suadara-saudara kita yang terkena musibah. Dan kepada SAR Kabupaten Natuna, kami bermohon agar dapat menyelenggarakan kegiatan pelatihan tentang Search and Rescue untuk masyarakat Bunguran TImur ”, pinta Wan Suhardi.

Menanggapi  permintaan Camat tersebut, Kepala Kantor SAR menyatakan bahwa pihaknya memang sudah memiliki program pelatihan itu. Seharusnya sudah terselenggara pada bulan Juni ini, namun karena alasan teknik, akhirnya tertunda hingga akhir Agustus mendatang. (Wan’s, Warta Kota Srindit, 30/07/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *