Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Natuna di Evaluasi

Warta Kota Srindit; Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) adalah sebuah sistem yang dibangun oleh pemerintah untuk mengukur, mengendalikan, mengawasi, dan sekaligus  menguji kinerja instansi pemerintah, mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Kegiatan evaluasi untuk mengukur kinerja tersebut dilakukan secara priodik setiap tahunnya, guna mengetahui sudah sejauh mana, kinerja yang dicapai oleh setiap instansi pemerintah. Begitu juga dengan instansi pemerintah di Kabupaten Natuna.

Awal Agustus 2019, tepatnya dari tanggal 2 hingga tanggal 4 Agustus 2019, seluruh kepala OPD termasuk Camat di Kabupaten Natuna, yang didampingi oleh masing-masing Kasubag Perencanaan dan Keuangannya, dihadirkan di Batam, untuk mengikuti kegiatan Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang diselenggarakan oleh Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, dengan menghadirkan narasumber Asisten Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pan RB, Komarudin dan Kepala Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Gempar. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi.

Para Camat Se Kabupaten Natuna, menunggu penerbangan di Bandara Raden Sajad menuju Batam

Camat Bunguran Timur H. Wan Suhardi yang juga hadir pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa pihaknya merasa beruntung dapat mengikuti kegiatan itu. Karena sebagai seorang ASN yang baru saja dipercayakan menjadi seorang Camat, bahwa dirinya masih awam dengan SAKIP meskipun sudah lama mendengar istilah tersebut.

“Istilahnya sudah lama kita dengar, tapi seperti apa bentuknya, dan bagaimana cara mencapainya, kan baru kali ini kita mengetahuinya secara detil. Jelas kegiatan ini sangat bermaat bagi diri saya pribadi”, tutur Wan Suhardi jujur.

Sekda Natuna dan Kepala OPD lainnya, sedang serius mendengarkan penjelasan dari Narasumber

“Apalagi setelah kita mendapatkan penjelasan dari para narasumber dari Menpan RB ini, kita menjadi tahu dan jelas, mana yang salah dan mana yang benar, serta bila salah, bagaimana cara memperbaikinya. Ternyata memang masih banyak salahnya. Lalu kita diberikan kesempatan untuk memperbaikinya hingga akhir September. Insya’allah akan kita perbaiki”, tambah Camat Bunguran Timur itu.

Pada evaluasi tahun lalu, kabupaten Natuna sudah mendapatkan predikat BB, dengan jumlah nilai scor 74. Dan diharapkan tahun ini, jumlah nilai itu akan meningkat menjadi 78, hingga mendekati predikat A.

Menurut Kepala Bagian Ortal Setda Natuna, Purwanti, pihaknya akan berupaya mendapatkan predikat A tersebut. Jadi semua perbaikan yang disarankan oleh narasumber untuk diperbaiki, akan segera dilaksanakan.

“Setidaknya kita dapat mempertahankan predikat BB. Sebab kalau turun, maka tunjangan kinerja yang diterima oleh ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, juga akan ikut turun”, jelas Purwanti. (Wan’s, Warta Kota Srindit, 08/08/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *