Status Kabupaten Sehat Untuk Natuna Akan Diverifikasi

Warta Kota Srindit; Kabupaten Natuna terus berupaya untuk menggapai sebuah status bergengsi dinegeri ini, yaitu sebagai Kabupaten yang bersih dan sehat, yang kemudian bila status tersebut tercapai, maka Natuna berhak mendapatkan sebuah penghargaaan dari pemerintah.

Berbagai upaya dan usaha dilakukan. Mulai dari upaya pembentukan Forum Kabupaten Natuna Sehat, diteruskan dengan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat, hingga pemebentukan Kelompok Kerja Kelurahan dan Desa Sehat di setiap Kelurahan dan Desa yang ada di Kabupaten Natuna. Pembentukan Forum dan Kelompok Kerja ini bertujuan guna mempercepat proses menjadikan Natuna sebagai Kabupaten yang bersih dan Sehat.

Menurut Sekretaris Forum Kabupaten Natuna Sehat, Asmir, dalam waktu dekat akan turun Tim Penilai dari pusat, guna memverifikasi dan mencocokkan laporan yang telah diterima dengan kondisi real di lapangan. Sebab dari 200 lebih Kabupaten yang telah diverifikasi dokumennya, ternyata Natuna menjadi salah satu kabupaten yang masuk nominasi untuk diteruskan penilaiannya dengan melakukan verifikasi lapangan.

“Tanggal 23 September 2019 ini Tim akan turun ke Natuna. Untuk itu diminta kepada semua Forum Komunikasi Kecamatan Sehat dan Pokja yang ada di Kelurahan dan Desa agar mempersiapkan diri. Makanya kita melakukan kegiatan penguatan kelembaggan ini, agar masing-masing FKKS dan Pokja tahu apa yang harus dipersiapkan dan apa pula yang dilakukan dalam rangka menyambut kedatangan Tim Verifikasi dari pusat ini”, kata Asmir dalam kegiatan Penguatan Kelembaggan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat Kecamatan Bunguran Timur.

Sedangkan Camat Bunguran Timur sebagai Pembina FKKS Kecamatan Bunguran Timur meminta kepada seluruh jajarannya agar serius dalam melaksanakan tugas ini, hingga keinginan Kabupaten Natuna untuk mendapatkan predikat Kabupaten Sehat, dapat tercapati.

“Predikat Natuna Sehat adalah penting. Namun yang lebih penting adalah, kita dapat hidup dalam lingkungan yang bersih dan sehat. Karena sehat adalah segala-galanya bagi kita”, Tegas Wan Suhardi dalam sambutannya.

Ia juga menyampaikan beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh Kecamatan Bunguran Timur dalam ikhtiar menggapai predikat Natuna Sehat. Sepertinya misalnya, pihaknya tengah menyelenggarakan lomba Lingkungan Sehat, dan pemenangnya akandi berikan penghargaan pada tanggal 17 Agustus 12019 ini. Selain itu, Desa Batu Gajah dan Desa Sungai Ulu sudah membentuk Kelompok Donor Darah dan melaksanakan pemberinan Makanan Tambahan pada anak-anak sekolah. Sedangkan Desa Sepempang telah memiliki bank sampah, yang dikelola oleh Karang Taruna Desa. (Wan’s, Warta Kota Srindit, 09/08/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *