Anak Negeri Berbagi

Warta Kota Srindit; Rona bahagia terpancar dari wajah-wajah masyarakat Desa Batu Gajah, khusunya Nelayan kepiting. Hal ini dikarenakan pada Kamis (22/08/2019) mereka akan mendapatkan bantuan 300 bubu kepiting dari Tim Jelajah Rantau Bertuah dengan tajuk kegiatan “Jelajah Rantau Bertuah Berbagi”, dengan bertemakan “Membangun Semangat Nasionalisme Melalui Peningkatan Kualitas SDM di Daerah Perbatasan Kabupaten Natuna”. Tim Jelajah Rantau Bertuah ini adalah sebuah komunitas terbatas yang terdiri dari anak-anak muda kreatif yang memanfaatkan teknologi informasi dan kekuatan media sosial untuk mengeksplore dan mengekspose Kabupaten Natuna, baik keindahan alam, budaya maupun kuliner masyarakat Natuna.

Menurut ketua Tim Jelajah Rantau Bertuah, Cherman, bantuan bubu dan buku ini adalah rangsangan atau stimulan agar nelayan dan pelajar terpacu dalam berkerja dan belajar.

Camat Bunguran Timur, Wan Suhardi yang  hadir pada acara tersebut saat memberi sambutan mengapresiasi kegiatan ini dan berharap akan muncul komunitas-komunitas lain yang berkegiatan positif seperti ini.

Selain itu masyarakat penerima bantuan juga dibekali dengan wawasan kebangsaan yang diisi oleh Bakesbangpolda Kabupaten Natuna. Wawasan kebangsaan ini sendiri bertujuan memacu semangat nasionalisme yang pada akhir-akhir ini dinilai semakin menipis di kalangan masyarakat.

Sesi terakhir pada acara tersebut akhirnya diisi dengan diskusi dan tanya jawab dengan masyarakat Desa Batu Gajah. Rudi Ahmad yang meweikili masyarakat nelayan kepiting Desa Batu gajah mengatakan sangat senang bisa menerima bantuan bubu ini, karna secara ekonomi nelayan kepiting merasa berat untuk membeli bubu sebanyak itu sebagai modal utama dalam mencari kepiting. Rudi juga berharap bantuan ini tidak berhenti disini saja tetapi ada bantuan lain, misalnya bantuan pelatihan Budi daya kepiting, bantuan pengolahan kepiting dan yang lainnya.

Di lain pihak guru SDN 008 sebala yang mewakili kepala sekolah mengatakan rasa terima kasihnya kepada Tim Jelajah Rantau Bertuah Berbagi atas bantuan buku untuk murid-murid SDN 008 sebala dan mengharapkan bantuan jaringan internet. Karena di zaman sekarang ini belajar pun menggunakan internet, guru hanya mengarahkan saja.

Sebelum acara di tutup, Camat Bunguran Timur berkesempatan memberi motivasi kepada masyarakat penerima bantuan.

“Saya berharap bantuan ini digunakan sebaik-baiknya. Untuk bantuan bubu agar digunakan untuk menunjang ekonomi keluarga dan dikelola secara benar sehingga bantuan bubu sebanyak tiga ratus buah ini bisa berkembang menjadi enam ratus bubu dan seterusnya. Dan ingat, bubunya jangan dijual”, ucap Wan Suhardi sambil menutup acara dan langsung menyerahkan secara simbolis bubu kepada masyarakat nelayan dan buku kepada guru SDN 08 Sebala, Desa Batu Gajah Kecamatan Bunguran TImur. (Elki, Warta Kota Srindit, 22/08/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *