Survey Bakti Gali Potensi TI di Natuna

Warta Kota Srindit; Guna mengetahui sudah sejauh mana tingkat kebutuhan dan ketergantungan masyarakat terhadap jaringan seluler berbasis internet di Kabupaten Natuna pada umumnya dan di Kecamatan Bunguran pada khususnya, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Inforamsi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Inforamsi Republik Indonesia, mengadakan survey lapangan terhadap 45 orang masyarakat, 25 badan usaha dan 4 profil wilayah, pada Selasa (24/09/2019). Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat Kantor Kecamatan Bunguran Timur itu, dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Natuna R. Darmika dan dibuka oleh Camat Bunguran Timur, H. Wan Suhardi.

Masyarakat dari berbagai strata sosial dan ekonomi siap untuk disurvey

Tim Survey yang terdiri dari 6 orang dan dipimpin langsung oleh Hendri sebagai Project Manager, melakukan kegiatan survey kepada masyarakat dari kelompok sosial dan strata yang berbeda, yang telah diundang secara acak oleh pihak Kecamatan Bunguran Timur.

Menurut Hendri, kegiatan survey tersebut bertujuan untuk mendapatkan data sebagai bahan masukan bagi Provider dan Operator guna meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur teknologi informasi di daerah ini.

Lurah Ranai Darat Basri, Sekdes Sungai Ulu Harjo, dan PLT Kades Batu Gajah Yusriandi, sedang sibuk menjawab questioners

“Bunguran Timur adalah satu dari 57 daerah yang sudah memiliki Network Operation Centre (NOC). Dan saat ini,  kita sedang melakukan survey potensi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di daerah yang sudah memiliki NOC. Sasaran surveynya adalah masyarakat disekitar lokasi NOC, dan desa yang memiliki radius 30 km dari NOC. Sesuai dengan tujuan survey, maka kami akan menyasar berbagai kelompok masyarakat, diantaranya, badan usaha baik swasta ataupun juga badan usaha milik daerah dan desa, kemudian kelompok melenial serta masyarakat lain secara umum. Intinya kita ingin mengetahui, sejauh mana tingkat ketergantungan masyarakat terhadap jaringan internet, kemudian seperti apa kualitas jaringan yang sudah tersedia sekarang ini”, terang Hendri dalam sambutannya.

Camat Bunguran Timur sedang asyik bercerita dengan Tim Survey dari BAKTI yang dipimpin oleh Hendri sebagai Project Manager

Dibagian lain, Camat Bunguran Timur dalam sambutan pembukaannya menyebutkan bahwa secara umum masyarakat Bunguran Timur sudah melek Teknologi Informasi. Dari 28 ribu jumlah penduduk Bunguran Timur, diperkirakan 80 % sudah memiliki prangkat TI, baik berupa Smart Phone maupun prangkat penunjang lainnya.

“Tanpa surveypun, saya sudah sangat yakin, tingkat ketergantungan masyarakat Bunguran Timur dengan jaringan internet sudah sangat tinggi. Yang hadir hari ini, meskipun kita mengundangnya secara acak, pasti sudah menggunakan TI untuk keperluan pekerjaannya. Disana ada wartawan media online, ada guru dan kepala sekolah serta pelajar, ada pedagang, selanjtunya ada pimpinan Puskesmas. Semua kelompok masyarakat ini pasti sudah sangat tergantung dengan TI, untuk keperluan pekerjaanya. Anak-anak sekolah sudah diwajibkan mencari bahan pembelajaran sendiri melalui internet. Apalagi Pak Samin sang raja FB dari Bunguran Timur itu, pasti akan sangat terganggu tidurnya, kalau jaringan bermasalah”, terang camat penuh canda.

Lurah Ranai Kota Syuparman dan Lurah Bandarsyah, juga ikuti disurvey

“Kalau ditanya apakah pengusaha sudah menggunakan TI untuk memasarkan hasil usahanya, mungkin ini yang masih harus disurvey. Tetapi sejauh yang saya ketahui, sudah ada beberapa pengusaha yang menggunakan TI untuk mencari pasar di luar Natuna. Setidaknyanya memperkenalkan produk”, Tambah Wan Suhardi.

Photo bersama Tim Survey dari BAKTI, Kadis Kominfo Kabupaten Natuna, Camat Bunguran Timur dan masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Natuna, menyambut baik kegiatan survey yang dilakukan oleh BAKTI ini. Setidaknya, data yang diperoleh dapat memperkuat data yang dimiliki oleh Diskomfo Kabupaten Natuna, sebagai kelengkapan data untuk pihaknya mengajukan usulan pengembangan infrastruktur Teknologi Informasi di daerah ini. . (Wan’s, Warta Kota Srindit, 24/09/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *