Verifikator Pusat Tinjau Sekretariat FKKS Bunguran Timur

Warta Kota Srindit; Setelah dikabarkan sejak Awal Agustus 2019 lalu, akirnya 2 orang Verifikator Kabupaten/Kota Sehat, dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, didampingi beberapa orang Verifikator dari Provinsi Kepulauan Riau, serta para stake-holder terkait dengan Forum Komunikasi Kabupaten Natuna Sehat, tiba di Sekretarian FKKS Kecamatan Bunguran Timur, sekitar pukul 13.30, Selasa (24/09/2019). Sekretariat FKKS yang terletak di salah satu ruangan Kantor Kecamatan Bunguran Timur itu, terpilih sebagai salah satu lokus penilaian para Verifikator, guna menetapkan Kabupaten Natuna sebagai Kabupaten Sehat atau tidak. 2 orang Verifikator dari pusat tersebut adalah Dodi, dari Ditjen Pembinaan Daerah, dan Luki, dari Kementerian Kesehatan RI.

Verifikator dari Ditjen Pembinaan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Dodi sedang mengisi daftar hadir di Sekretariat FKKS Kecamatan Bunguran TImur

Dalam paparannya satu hari sebelumnya dihadapan para Kepala OPD dan Camat di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Luki menjelaskan bahwa, dari 202 Kabupaten/Kota yang diverifikasi pada tahun 2019 ini, Kabupaten Natuna merupakan salah satu dari 167 Kabupaten/Kota yang lolos verifikasi dokumen. Artinya pihaknya harus melakukan verifikasi lapangan di Kabupaten Natuna, guna memastikan apakah dokumen yang disampaikan sesuai dengan kondisi sesungguhnya di lapangan.

Ketua FKKS Kecamatan Bunguran Timur, Wira sedang memberikan penjelasan kepada Luki, Verifikator dari Kementerian Kesehatan RI

“Biasanya dokumen yang disampaikan, tidak sesuai dengan kondisi sesungguhnya di lapangan. Jadi kami hadir di Natuna ini, untuk memastikan, apakah dokumen yang sudah dilaporkan ke pusat itu, benar-benar ada disini. Jadi mohon kami dibantu untuk melengkapi dokumen tersebut”, Pinta verifikator dari Kementerian Kesehatan RI itu.

“Kami hadir tidak sekedar hanya menilai, atau memberikan penilaian, tetapi sekaligus kami akan memberikan pembinanaan kepada Kabupaten Natuna. Kami juga ingin tahu, sampai sejauh mana sesungguhnya peran pemerintah Kabupaten Natuna dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat”, tambah Luki.

Camat Bunguran Timur, H. Wan Suhardi sedang memberikan pengarahan kepada Pengurus PKKS Keamatan di ruang kerjanya

Begitu juga halnya dengan kunjungan ke Sekretariat FKKS Kecamatan Bunguran Timur, pihaknya ingin memastikan, bahwa keberadaan FKKS benar-benar didukung oleh pemerintah kecamatan. Dukungan tersebut tidak dapat hanya berupa penjelasan dari Camat, tetapi juga harus dilengkapi dengan dokumen kegiatan. Dan dari hasil pemantauannya di Sekretariat FKKS Bunguran Timur, 2 orang Verifikator pusat tersebut, menyatakan nilainya positif.

Camat Bunguran Timur, H. Wan Suhardi ketika ditanya tentang dukungannya terhadap keberadaan FKKS menjelaskan bahwa pihaknya telah memberikan dukungan sepenuhnya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh Kecamatan yang ia pimpin.

“Kalau kita tidak dukung Pak, sudah dipastikan semua kelengkapan Seretariat FKKS ini tidak ada. Sekarang Bapak boleh lihat sendiri, seluruh dokumen mulai dari surat menyurat hingga foto kgeiatan, tersaji secara lengkap sejak tahun 2017 hingga tahun 2019 ini. Ruangannya tertata rapi meskipun tidak baru. Pihak kecamatan menyiapkan fasilitas, sementara yang bekerja para pengurus FKKS. Artinya sinergisitas antara pihak kecamatan dengan pengurus FKKS berjalan dengan baik”, jawab Wan Suhardi santai.

“Kalau AC alias pendingin ruangan, ya menunggu ketersediaan anggaran lah”, sambung Camat sambil berseloroh.

Photo bersama Tim Verifikator baik dari Pusat dan Provinsi Kepulauan Riau dengan Camat Bunguran Timur dan para Pengurus FKKS Kecamatan Bunguran Timur

Tim Verifikator sepertinya tidak perlu berlama-lama di Sekretariat FKKS Kecamatan Bunguran Timur, karena semua dokumen yang diminta sudah tersedia. Cukup dengan waktu kurang lebih 15 menit saja, selanjutnya Tim bergerak menuju ke lokasi IPAL Kumunal di daerah Jemengan Kelurahan Ranai KOta, Kecamatan Bunguran Timur. (Wan’s, Warta Kota Srindit, 24/09/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *