Camat Pantau Pilkades Batu Gajah

Warta Kota Srindit; Guna mejamin keberlangsungan Kegiatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Batu Gajah Kecamatan Bunguran Timur berjalan lancar, Camat Buguran Timur, H. Wan Suhardi  memberikan pengarahan kepada Ketua dan Anggota BPD Desa Batu gajah, Panitia Pemilih, dan Panitia Pengawas tingkat desa, tentang tugas pokok dan fungsi yang harus dijalankan oleh masing-masing pihak, Senin (14/10/2019) di Gedung Pertemuan Desa Batu Gajah. Menurut Camat, berdasarkan Peraturan Bupati no. 42 Tahun 2016 serta perubahannya Peraturan Bupati no. 36 tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa,  telah mengatur tentang mekanisme pemilihan, tugas BPD, tugas Paniti Pemilih, dan tugas  Panitia Pengawas, sekaligus Perbut tersebut juga mengatur tata cara pengaduan apabila terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan Pilkades, baik oleh calon Kepala Desa, maupun oleh panitia pelaksana itu sendriri di lapangan.

“Jadi, semua langkah dan tindakan kita dalam melaksanakan tuas negara ini sudah ada panduannya, dan kita tidak boleh lari dari panduan atau ketentuan yang telah ada. Sebab apabila kita menyimpang dari ketentuan tersebut, itu maknanya kita sudah melanggar hukum dan konsekwensinya adalah dapat dituntut secara hukum. Untuk itu ikuti saja ketentuan yang sudah ada, insya’allah kita akan selamat’, tegas Wan Suhardi.

Pada kesempatan tersebut Camat memberikan apresiasinya kepada para penyelenggara Pilkades Batu Gajah yang telah bersedia menjadi bagian dari penyelenggara Pilkades. Selanjutnya Camat juga berpesan agar para penyelenggara Pilkades di Desa Batu Gajah untuk tidak berafiliasi ke salah satu calon dan harus bersikap netral.

“Apabila terjadi permasalahan dilapangan, saya mohon kepada semua agar tidak mengadu ke media sosial, karena tindakan ini akan memperkeruh suasana, tetapi melainkan sampaikanlah persolanan tersebut kepada panitia pelaksana, dalm hal ini Panlih dan Panwas   atau juga BPD. Bila masih juga belum terselesaikan, maka sampaikan kepada kami pihak kecamatan untuk kita selesaikan secaa bersama-sama. Kita harus selaluberusaha untuk menciptakan suasana tetap tenang dan kondusif, hingga pelaksanaan Pilkades yang akan melahirkan Kepala Desa untuk 6 tahun yang akan datang, berjalan lancar dan benar-benar terlaksana dengan baik”, tutup Camat Bunguran Timur itu.

 Ia juga berharap kegiatan Pilkades ini tidak sampai membuat masyarakat Desa Batu Gajah menjadi terpecah belah.

Pengarahan  Camat Bunguran Timur ini, ditutup dengan dialog dan tanya jawab dengan peserta yang hadir.  (Elki, Warta Kota Srindit, 14/10/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *