Kecamatan Harus Punya Peta Bencana

Warta Kota Srindit; Pentingnya Mitigasi Bencana atau memetakan kemungkinan akan terjadi bencana, harus menjadi perhatian serius bagi seluruh stake holder yang ada, demi menekan jumlah korban yang akan ditmbulkan bila terjadi bencana. Pemerintah Daerah beserta seluruh jajarannya, TNI Polri dan seluruh jajarannya, serta seluruh lapisan masyarakat untuk semua profesi, harus bersinergi satu sama lainnya,hingga bila terjadi sebuah bencana, maka semua sektor dan lini sudah harus siap dengan bermacam program penyelematannya.

Hal tersebut dikemukakan oleh Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan, Drs. H. Girsang, M.Si, kepada Tim Warta Kota Srindit, ketika menyambangi Kantor yang terletak di Jl. Tugu Pahlawan Tajungpinang itu, Senin (22/10/2019). Lebih jauh Girsang menjelaskan bahwa melakukan pemetaan terhadap kemungkinan terjadinya sebuah bencana di daerah, merupakan satu tugas pohok pemerintah daerah, yaitu menyelamatkan masyarakatnya dari berbagai macam bencana yang mungkin akan terjadi di daerah masing-masing.

“Kami menyambut baik kedatangan Tim dari Kecamatan Bunguran Timur Kabuapten Natuna ini ke kantor kami, guna mencari tahu tentang mitigasi kebencanaan. Ini mungkin baru yang pertama kali, pemerintah kecamatan di Provinsi Kepulauan Riau ini, yang datang berkonsultasi kepada kami tentang kebencanaan ini. Sungguh luar biasa”, terang Girsang penuh semangat.

“Mudah-mudahan Kecamatan Bunguran Timur dapat menjadi Kecamatan percontohan dalam memberikan informasi tentang kebencanaan kepada masyarakatnya di Kabupaten Natuna, dan juga di Provinsi Kepulauan Riau”, sambung Sekretaris BPBD Provinsi Kepulauan Riau itu.

Camat Bunguran Timur yang bertindak sebagai ketua Tim menjelaskan bahwa pihaknya selalu diminta oleh berbagai pihak tentang informasi mitigasi bencana di daerahnya. Namun diakuinya bahwa sampai saat ini, pihaknya belum memiliki sedikitpun informasi tentang hal tersebut. Maka dirinya memutuskan untuk datang berkunjung ke Kantor BPBD Provinsi Kepulauan Riau, guna mendapatkan informasi yang cukup, tentang kebencanaan.

“Kita selalu dituntut untuk menyiapkan informasi tentang mitigasi bencana, tetapi sampai hari ini sesungguhnya kita belum pernah mengerti tentang apa itu mitigasi bencana. Jadi saya kita  Kantor BPBD Provinsi lah menjadi tempat yang tepat bagi kami, guna mendapatkan informasi tentang hal tersebut”, jelas Wan Suhardi ketika ditanya oleh Pewarta Kota Srindit, tentang alasanya bererta Tim mengunjungi kantor BPBD Provinsi Kepulauan Riau tersebut.

“Sesuai arahan, kita akan coba memulai dengan melakukan pemetaan awal, daerah atau kawasan mana saja di Kecamatan Bunguran Timur yang rawan bencana. Selanjutnya kita juga akan mencari tahu, jenis bencana apa saja yang kemungkinan besar terjadi di Ibu Kota Kabupaten Natuna itu. Kemudian, seperti apa upaya evakuasi yang dapat kita lakukan. Kita akan coba bersinergi dengan pihak Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna, yang kita anggap memiliki sedikit pengetahuan tentang hal tersebut. Kita juga akan berupaya membentuk beberapa wadah tentang kebencanaan, hingga peran serta masyarakat terlibat didalamnya”, tutup Wan Suhardi menghakhir perbincangan dengan Sekretaris BPBD Provinsi Kepulauan Riau itu. (Wan’s, Warta Kota Srindit, 24/10/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *