Kurniawan Sindro Utomo Ungguli Bakhtiar

Warta Kota Srindit; Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 17 November 2019, untuk 33 Desa di Kabpaten Natuna, sudah berakhir. Sebanyak 33 orang Kepala Desa Baru juga sudah terpilih. Sebut saja misalnya, di Desa Batu Gajah Kecamatan Bunguran Timur. Dari dua orang calon yang saling berkompetisi dalam Pilkades di desa tersebut, Calon nomor utur 2, Kurniawan Sindro Utomo,  keluar sebagai pemenang, sekaligus menggeser posisi Bakhtiar yang sudah bertahta selama dua priode pemilihan (12 tahun), di desa paling Selatan Kecamatan Bunguran Timur itu.

Pemilih pertama pada TPS 1, Pilkades Batu Gajah sedang akan memberikan hak suaranya

Kurniawan Sindro Utomo yang didukung oleh kaum melenial tersebut, berhasil meraup 363 suara dari 739 DPT yang ada, unggul 46 suara dari pesaingnya, yang hanya mendapatkan 317 suara. Sementara suara yang tidak sah 4 surat suara, masing-masing 2 surat suara dari Dusun 2 Sebala, dan 2 surat sudara dari Dusun 3 Meso.

Pembukaan Kotak Suara oleh Ketua Panlih Desa, Fadhlam

Dari hasil hasil pemantauan Pewarta Kota Srindit di lapangan, kegiatan pemilihan kepala desa yang berlangsung selama satu hari penuh pada Minggu (17 November 2019) itu berjalan lancar, aman dan kondusip, meskipun ada diwarnai oleh insiden kecil , berupa protes dari kubu pasangan nomor urut 2, tentang 2 orang warga calon pemilih yang tidak terdaftar sebagai pemilih. Setelah mendapatkan penjelasan dari Panitia Pemilihan yang dikawal ketat oleh petugas keamanan, baik dari kepolisian maun dari TNI, maka kubu no urut 2, dapat menerima, dan kegiatan pemilihan dapat diteruskan hingga batas waktu yang telah ditetapkan, yaitu pukul 13.00 wib.

Petugas Panlih didampingi oleh Petugas Kepolisian sedang menuju rumah Calon Pemilih yang sakit untuk dapat memberikan hak suaranya

Camat Bunguran Timur yang hadir sejak awal pagi di TPS 1 Desa Batu Gajah tersebut, ketika ditanyai tentang insiden tersebut menyebutkan bahwa, kajadian tersebut bukanlah sebuah insiden atau masalah yang harus dipersoalkan secara panjang lebar. Karena menurutnya itu hanyalah pernak pernik dinamika dalam kontestasi demokrasi.

Dua Calon Kepala Desa Batu Gajah, duduk berdampingan, ditengahi oleh Camat Bunguran Timur dan didampingi oleh Tim Pemantau dari Kabupaten

“Itu bukan insiden, tetapi hanya pernak-pernak dinamika dalam berdemokrasi ini. Namanya juga orang sedang bersaing, bertarung atau berkontestasi dalam alam demokrasi, dimana semua orang memilik hak untuk menyampaikan pendapatnya atau menyampaikan ketidak puasannya, ya,…. itu hak mereka untuk menyampaikannya. Selagi ketidak puasan itu dapat dicairkan dengan sebuah penjelasan, maka itu bukan sebuah masalah”, terang Wan Suhardi santai.

Suasana penghitungan Surat Suara yang dikwal ketat oleh Petugas Kemanan, baik dari TNI, Polri dan juga Linmas

“Tetapi bila sudah dijelaskan, namun tetap saja tidak mau menerima, maka kita bawa saja keranah hukum. Apalagi informasi tentang upaya mereka untuk melakukan protes itu, sudah beredar di media sosial sebelumnya. Nah informasi tersebut adalah jejak digital yang dapat kita jadikan sebagai barang bukti, bahwa aksi protes itu sudah terencana, tinggal kita serahkan saja kepada pihak yang berwajib”, tambah Camat Bunguran Timur itu tegas.

Menurut Ketua Panlih Desa Batu Gajah Fadhlam, kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh panitia sudah dilakukan sesuai ketentuan yang ada, yaitu kurang lebih 30 hari. Tetapi pihaknya tidak pernah menerima laporan atau aduan bahwa masih ada warga yang tidak terdaftar dalam DPT.

Pleno Penetapan Calon terpilih, atas nama Kurniawan Sindro Utomo, dengan perolehan 363 suara, mengungguli pesaingnya Bakhtiar, yang hanya memperoleh 317 suara

“Sekarang kan sudah hari pemilihan, DPT sudah kita tetapkan melalui sidang pleno penetapan DPT yang menghadirkan masing-masing pendukung calon, jelas permintaan mereka tidak dapat kita penuhi hari ini”, kata pensiunan guru yang percayakan sebagai ketua Panlih itu.

Untuk meneyelesaikan tugas yang telah diberikan, setelah penghitungan selesai dan ditanda tangani oleh para saksi dari masing-masing calon, Panlih Desa Batu Gajah langsung mengadakan pleno penetapan calon terpilih, yang dibacakan oleh Ketua BPD Desa Batu Gajah, Mahyuddin, dan diampingi oleh Camat Bunguran Timur, serta Tim pemantau dari Panlih Kabupaten. (Wan’s, Warta Kota Srindit, 18/11/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *