Kasi Trantib Petakan Jalan ke Gunung Ranai

Warta Kota Senrindit; Mengetahui kondisi real sebuah wilayah, untuk kemudian dijadikan sebagai sasaran objek pembangunan, menjadi sebuah keharusan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di sebuah wilayah kelurahan. Hal tersebut, pun dilakukan oleh Edi Iskandar, Kasi Ketenteraman dan Ketertiban Kantor Kelurahan Ranai Darat.  Dengan didampingi oleh Plh. Danramil 01 Ranai, Pelda Mara Muda Hasibuan, Ketua Linmas Kelurahan Ranai Darat M. Sirait, dan Ketua RT. 05 Air Terjun serta staf kantor Kelurahan Ranai Darat, Hamdan Senin (18/11/2019), melakukan pemetaan dan pengukuran jalan sepanjang lereng Gunung Ranai hingga Air Terjun yang belum diaspal atau di semenisasi.

Plh. Danramil 01 Ranai, Kasi Trantib Kelurahan Ranai Darat, serta Ketua RT 05 Ranai Darat sedang melakukan pengukuran jalan menuju Air Terjun Gunung Ranai

Dari hasil pengukuran, tercatat sepanjang 1.382 meter ruas jalan yang masih harus diaspal atau di semenisasi guna perbaikan infrastruktur untuk menunjang kegiatan pariwisata diwilayah kawasan Gunung Ranai  Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna. Kawasan yang memilik potensi wisata air terjun yang elok nan eksotik itu, sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal, khususnya bagi wisatawan yang menggemari wisata petualangan.

Gunung Ranai dilihat dari Pulau Senua, Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur

Selain itu, kawasan Gunung Ranai sudah ditetapkan sebagai salah satu Gio-Site dari 8 kawasan Geo-park Nasional yang ada di Kabupaten Natuna. Dengan telah ditetapkannya kawasan Gunung Ranai sebagai salah satu Geo-Site, maka sudah dipastikan kawsan tersebut akan sering dikunjungi, baik  oleh para wisatawan maupun para peneliti. Apatah lagi kawasan Geo-Park Natuna masih sedang diperjuangkan menjadi kawasan UNESCO Global Geo-park. Kondisi tersebut memungkinkan kawasan Gunung Ranai akan menjadi objek kunjugan para wasatawan mancanegara.

Camat Bunguran Timur, H. Wan Suhardi ketika ditemui diruang kerjanya, menyambut baik tindakan kreatif dan inisiatif yang telah dilakukan oleh bawahannya tersebut. Sebab menurunya dengan mengetahui ukuran atau jarak jalan menuju ke kawasan Gunung Ranai tersebut, setidaknya dapat menjadi acuan bagi pengusulan pengembangan jalan ke Gunung Ranai guna membuka akses jalan didaerah tersebut.

“Upaya yang dilakukan oleh Kasi Trantib Kelurahan Ranai Darat itu sangat positif. Setidaknya data yang dimiliki, dapat kita jadikan acuan untuk pengusulan pembangunan jalan ke Gunung Ranai itu. Dan saya yakin, akses jalan ke kawasan tersebut pasti akan dibuka, karena selain bermacam-macam potensi hewani dan hayati terdapat di sana, juga kawasan Gunung Ranai itu sudah ditetapkan sebagai salah satu Geo-Site Geo-Park kita. Tentu akan menjadi perhatian khusus bagi pemerintah kita. Mudah-mudahan para ASN yang lain juga kreatif dan berinisiatif seperti dia”, puji Camat kepada ASN nya itu.

Diakhir perbincangan kami Pewarta Kota Srindit dengan Camat Bunguran Timur, Ia meminta kepada seluruh jajarannya untuk dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik, sesuai dengan Indek Kinerja Individu (IKI) yang telah dimiliki oleh masing-masing ASN di lingkungan Kecamatan Bunguran Timur.

“Ya, pegawai yang baik itu, adalah pegawai yang sudah tahu pekerjaan apa yang harus dia lakukan, sesuai dengan Tugas dan Fungsi masing-masing, tanpa harus menunggu arahan atasannya lagi”, pungkas Wan Suhardi.  (Wans, Warta Kota Srindit, 19/11/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *