Disdukcapil On The Spot

Warta Kota Srindit; Upaya memberikan pelayanan Administrasi Kependudukan secara maksimal oleh DInas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Natuna, ternyata tidak berhenti hanya pada penciptaan berbagai program inovasi dengan berbagai sentuhan teknologi terkini, namun juga dibarengi dengan upaya jemput bola, dengan melakukan kegiatan pelayanan langsung di lapangan (on The Spot Service).

Menurut Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Natuna Ilham Kauli, pihaknya akan terus berupaya memberikan kemudahan pelayanan Administrasi Kependudukan kepada masyarakat. Tujuannya agar tidak ada lagi masyarakat Natuna yang tidak memiliki dokumen kependudukan.

 

Kadis Dukcapil Natuna Ilham Kauli sedang menjelaskan tentang bermacam-macam jenis Produk  layanan Administrasi Kependudukan yang diberikan kepada masyarakat

“Tujuan kita itu, agar tidak ada lagi masyarakat kita yang tidak memiliki dokumen kependudukan. Dan tujuan akhir kita adalah, ingin mendapatkan data kependudukan yang akurat, yang akan digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk Pemilu, Pilkada, Pilkades, Sensus Penduduk, sebagai data awal untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan banyak lagi. Karena data kependudukan merupakan basis data untuk berbagai sektor kehidupan”, jelas Ilham ketika ditemui Pewarta Kota Srindit, ditengah-tengah kesibukannya mengawasi kegiatan pelayanan Adiministrasi Kependudukan kepada masyarkat Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur yang berlangsung di Kantor Desa Sepempang Jumat, (27/12/2019).

Sekretaris Utama BNPP sedang menyerahkan E-KTP kepada Komandan Yon Komposit Gardapati Letkol Inf. Rachmat, setelah KTP sebelumnya hilang dan dapat diterbitkan kembali.

Kegiatan Pelayanan Administrasi Kependudukan yang juga dihadiri oleh Sekretaris Utama BNPP Suhajar Diantoro, didampingi beberapa pejabat teras Badan Nasional Pengelola Perbatasan tersebut, berupa perekaman dan penyerahan KTP, KK, KIA, Akte Kematian dan Akte Kelahiran. Dalam keterangannya kepada wartawan, Suhajar merasa bangga kepada Kabupaten Natuna, karena sudah dapat memberikan pelayanan Administrasi Kependudukan dengan cepat dan tepat, hingga memungkinkan Natuna menjadi pioneer terdepan dalam hal pelayanan Administrasi Kependudukan di Indonesia, khususnya di Provinsi Kepulauan Riau.

Salah seorang warga Desa Sepempang yang menerima 3 dokumen kependudukan sekaligus, yaitu KK baru, dan dua KTP barus perubahan status, sebagai akibat dari kasus perceraian.

“Menurut ketertangan Kadis Dukcapil tadi bahwa di Kepulauan Riau, baru Natuna yang dapat memberikan pelayanan seperti ini. Ini kan luar biasa dan layak diberikan penghargaan. Dalam hitungan menit, masyarakat sudah dapat memiliki dokumen kependudukan, dan langsung dapat diterima di tempat, tanpa harus ke kantor Disdukcapil yang jauh di Ibu Kota Kabupaten. Ini sungguh luar biasa”, puji Sekretaris Utama BNPP yang pernah menjadi cama di Kecamatan Serasan Kabupaten Natuna itu.

Selain melaksanakan perekaman ditempat, Disdukcapil Natuna juga dapat menerbitkan Dokumen Kependudukan yang sudah diurus di daerah lain, namun dokumennya belum diterima oleh masyarakat.  (Wan’s , Warta Kota Srindit, 31/12/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *