Pelabuhan Teluk Baruk Diresemikan

Warta Kota Srindit; Pelabuhan Rakyat yang pembangunannya menelan biaya kurang lebih 4 miliar rupiah di Kampung Teluk baruk Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur, pengerjaannya sudah selesai. Pelabuhan yang berukuran Panjang kurang lebih 50 meter dari bibir pantai dan dibangun oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna itu, diresemikan penggunaannya oleh Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si, Senin (30/12/2019).

Dalam laporannya Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna, Iskandar menyebutkan bahwa pelabuhan tersebut dibangun untuk mempermudah akses lalu lintas masyarakat dari pulau-pulau lain yang akan menggunakan transportasi laut untuk datang dan pergi ke Natuna, terutama untuk masyarakat Desa Sepempang dan sekitarnya untuk berkunjung ke pulau Senua.

“Kita sudah sama-sama melihat, bahwa pelabuhan lama yang di Kampung Teluk Baruk Desa Sepempang ini, kondisinya sudah memperihatinkan.  Lalu pemerintah berumpaya untuk menggantikannya dengan pelabuhan yang baru, dengan konstruksi yang lebihg kokoh. Tujuannya adalah untuk mempermudah akses masyarakat keluar masuk ke Ranai Ibu Kota Kabupaten Natuna ini. Misalnya masyrakat dari Pulau laut, atau pulau-pulau lain, yang akan datang dan pergi ke Ranai”, kata Iskandar dalam laporannya.

 

Sementara itu Bupati Natuna, Drs. H. Abd. Hamid Rizal peresmiannya menyatakan bahwa, Pemerintah Kabupaten Natuna akan terus memperhatikan keperluan masyarakatnya. Natuna yang terdiri dari pulau-pulau, sudah dipastikan memerlukan pelabuhan yang layak sebagai penunjang fasilitas transportasi laut. Untuk itu diharapkan ke depan, pelabuhan yang baru saja diresmikan itu, benar-benar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kelancaran arus lalu lintas laut dari dan ke ibu kota Kabupaten Natuna.

“Kita ini memiliki banyak pulau. Masyarakat kita banyak yang menggunakan transportasi laut untuk datang dan pergi ke Ranai ini. Untuk itu pemerintah dalam hal ini pemerintah Kabupaten Natuna akan tarsus berusaha untuk menunjang fasilitas dasar  yang diperlukan oleh masyarakat kit aitu. Untuk membangun pelabuhan tidak mudah, pasti memerlukan dana yang besar. Namun karena ini merupakan kebutuhan dasar masyarakat, maka kita akan terus berupaya untuk membangunnya”, ujar Bupati Natuna itu.

“Untuk itu, kedepan kita berharap pelabuhan yang sudah dibangun ini dapat digunakan dengan sebai-baiknya untuk keperluan masyarakat kita. Dinas Perhubungan, tolong ini dikelola dengan baik, hingga pelabuhan ini benar-benar berfungsi dengan baik”, pungkas Hamid Rizal mengakhiri sambutannya.

Peresmian Pelabuhan Teluk Baruk Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur yang digelar di halaman parker pelabuhan itu, dihadiri oleh seluruh Pimpinan FKPD, para Kepala OPD dan Camat Bunguran Timur, serta masyarakat Desa Sepempang. Acara peresemian yang ditandai dengan penandatanganan Prasasti, Pemotongan Pita dan Acara Tepung Tawar Adat itu, diakhiri dengan peninjauan ke seluruh bagian pelabuhan. (Wan’s , Warta Kota Srindit, 06/1/2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *