Isdianto Buka Rakor Camat Di Provinsi Kepri

Warta Kota Srindit; Rakor Camat se Provinsi Kepulauan Riau bertajuk “Peran Strategis Camat dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Wilayah Kecamatan Berdasarkan PP 17 tahun 2018 Tentang Kecamatan: didbuka secara resmi oleh Plt. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Isdianto, S.Sos. MM Minggu malam (15 Maret 2020) di Ibis Style Hotel Bengkong Laut, Batam Kepulauan Riau. Dalam sambutan pembukaannya Isdianto mengajak para Camat di seluruh Provinsi Kepulauan Riau, agar dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas, dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan yang telah diberikan oleh pimpinan.

Barisan Panitia Penyelenggara Rakor

“Camat itu adalah perpanjangan tangan dari Pemerintah Daerah, dalam hal ini Bupati, maka Camat memiliki wewenang dalam mengkoordinasikan, membina dan mengawasi segala bentuk urusan pemerintahan yang ada di wilayahnya masing-masing. Untuk itu Camat memiliki peran yang sangat strategis dalam menjalankan roda pemerintahan di wilayah Kecamatan”, tegas Isdianto.

Nurhazan menyampaikan arahannya tentang tata cara Rakor

“Berdasarkan PP no 17 tahun 2018, Camat memiliki dua tugas penting, yaitu tugas Atributif dan tugas Delegatif. Tugas Atributif adalah tugas-tugas yang melekat pada Camat, sebagai perpanjangan tangan pmerintah  pusat. Sedangkan tugas Delegatif adalah tugas-tugas yang diberikan oleh Bupati atau Walikota melalaui pelimpahan wewenang yang diberikan oleh Bupati atau Walikota”, tambah Isdianto.

Peserta Rakor dari Kabupaten Natuna berphoto bersama Plt. Gubernur

Sementara itu, sebagai penyelenggara Rakor, Biro Pemerintahan Provinsi Kepulauan yang diwakili oleh Kabag Pmerintahan dan Perbatasan, Nurhazan dalam lapaorannya menyebutkan bahwa dasar penyelenggaran rakor adalah UU no 32 tentang 2014 tentang Pemerintah Daerah, dan PP no 17 tahun 2018 tentang Kecamatan. Berdasarkan dua ketentuan diatas, maka adalah merupakan kewajiban bagi pemerintah daerah dalam hal ini Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk terus berupaya menngkatkan kapasitas dan kualitas Camat sebagai bekal untuk melaksanakan tugas-tugas di wilayah kecamatan.

Camat Bungurtan TImur dan Camat Midai, tersenyum lebar mengikuti Rakor, karena Stand Pamerannya di Puau 3 sudah selesai

Rakor yang diikuti oleh 76 orang Camat di seluruh Provinsi Kepulauan Riau itu, akan berlangsung selama 1 hari dengan pemateri seluruhnya dari Provinsi Kepulauan Riau.

Camat Bunguran Timur sedang mendengarkan arahan dari Plt. Gubernur Kepri

Seyogyanya juga akan hadir Dirjen Administrasi Umum Kementerian Dalam Negeri,  namun karena meluasnya dampak wabah Covid 19 di wilayah Jakarta, maka kehadirannya dibatalkan. (Wan’s, Warta Kota Srindit, 16/0232020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *